Selasa, 22 Maret 2011

MEMELIHARA TANDUK DOMBA GARUT

     Tanduk domba garut merupakan mahkota yang memiliki nilai seni tinggi dan kebanggaan bagi pemilik ternak, harga domba garut akan memiliki nilai jual yang tinggi jika domba memiliki tanduk yang baik.
  



    Tanduk domba garut dapat di golongkan ke beberapa golongan, antara lain: Ngabendo, Leang-leang, Golong tambang, sogong, dll. tapi yang jelas tingkat kemewahan tanduk adalah yang paling utama. Untuk membentuk tanduk yang mewah dan simetris diperlukan pemeliharaan yang ekstra dan secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Anak domba yang baik, bakal tanduk akan terlihat pada usia satu minggu.
  2. Tannduk yang masih muda harus sering di kompres dengan air segar, karena air ini dapat memberikan  kesejukan pada pertumbuhan tanduk.
  3. Melakukan pembutrikan, atau membersihkan bulu-bulu domba yang tumbuh di sekitar tanduk yang berfungsi agar pertumbuhan tanduk tidak terhambat dan berebut nutrisi dengan bulu.
  4. Pengolesan minyak ikan/margarin/sejenisnya secara teratur, pengolesan ini hendaknya di barengi dengan pembersihan secara rutin pula, karena bila tidak di bersihkan, bekas minyak dapat menyebabkan menempelnya hama yang dapat membuat tanduk keropos.
  5. Untuk domba yang telah memiliki tanduk tetapi kurang simetris, maka dapat dilakukan pembetulan tanduk dengan cara pemanasan dan pengurutan dengan menggunakan besi yang telah di buat khusus.
     Demikian uraian singkat semoga dapat bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar